Mengenal Syarat yang Diperlukan dan Ketentuan Pinjaman KTA

f:id:wangteman:20170125191444j:plain

Dijaman yang serba canggih ini, sudah banyak lembaga keuangan baik bank maupun perusahaan non bank yang memberikan program atau fasilitas berupa pinjaman tanpa agunan. Salah satu program tersebut yang kini marak dicari adalah pinjaman KTA. KTA adalah singkatan dari Kredit Tanpa Agunan yaitu salah satu program yang dikeluarkan oleh bank untuk mengakomodir keperluan pinjaman dari nasabahnya. Tidak seperti program pinjaman yang lain, KTA ini memiliki sistem pinjaman yang unik yang tidak ada ruginya jika Anda ketahui sebagai tambahan informasi. 

KTA adalah program yang dikeluarkan oleh bank sebagai salah satu program pinjaman yang tidak mengharuskan nasabahnya untuk menyertakan barang jaminan. plafon kredit bisa sampai ratusan juta rupiah tergantung dari kemampuan membayar nasabahnya yang dapat dilihat dari track record pembayaran nasabah di bank Indonesia. Karenanya tak jarang dalam pengajuan pinjaman ini pihak bank meminta informasi mengenai nomor kartu kredit yang dimiliki oleh calon nasabah sebagai salah satu sumber data survey yang akan dilakukan. 

Pinjaman KTA

Walaupun KTA terbuka untuk umum, namun bisa dikatakan tidak semua orang dapat lolos verifikasi data untuk mendapatkan program pinjaman ini. Ada beberapa persyaratan yang sebelumnya harus dipenuhi sehingga seseorang dapat dinyatakan layak untuk memperoleh KTA dari suatu bank. Persyaratan tersebut adalah sebagai berikut: 

  1. Berusia antara 21 hingga 60 tahun.
  2. Merupakan warga negara Indonesia yang dapat dibuktikan dengan KTP.
  3. Memiliki pendapatan minimal Rp. 3,5 juta per bulan.
  4. Untuk plafon tertentu hanya diberikan kepada nasabah yang telah memiliki kartu kredit. 

Jika seseorang memenuhi syarat untuk mengajukan pinjaman KTA tersebut maka hal yang kemudian dapat ia lakukan adalah memilih bank mana yang akan menjadi pemberi pinjamannya. Pemilihan bank sebaiknya didasarkan pada kredibilitas bank dan besar bunga yang dibebankan kepada peminjam. Pilih bank yang sudah lama berdiri di Indonesia agar proses pinjaman Anda tidak bermasalah. Selain itu juga perhatikan besaran bunga dan bandingkan dengan bank lain sebelum memutuskan bank mana yang akan menjadi tempat pengajuan KTA.

Setelah menentukan bank yang akan dipilih, langkah selanjutnya adalah mengajukan permohonan KTA di bank tersebut. berikut ini adalah dokumen persyaratan yang sebaiknya sudah dipersiapkan agar mempercepat proses pengajuan:

  • Formulir permohonan asli.
  • Fotokopi KTP.
  • Fotokopi NPWP.
  • Fotokopi Kartu Kredit bagi yang sudah memiliki kartu kredit.
  • Slip gaji atau surat keterangan penghasilan.
  • Rekening bank 3 bulan terakhir.
  • SIUP/ TDP/ TDI.
  • Dan surat ijin praktek bagi nasabah yang bekerja sebagai profesional. 

Setelah melengkapi persyaratan permohonan maka petugas akan menginput data ke dalam sistem pengajuan KTA. Calon nasabah akan diminta untuk menunggu proses verifikasi yang memakan waktu kira-kira 2 hari kerja. Disetujui atau tidaknya pengajuan KTA akan dikonfirmasi kembali oleh petugas bank melalui sms atau telepon. Apabila permohonan disetujui maka dana akan ditransfer ke rekening pribadi di bank manapun yang dimiliki nasabah.

Pinjaman KTA selain memiliki kemudahan karena tidak mengharuskan nasabahnya menyertakan barang jaminan, juga memiliki kekurangan yaitu banyak biaya-biaya atau denda jika nasabah melakukan keterlambatan ataupun pelunasan pinjaman sebelum waktunya. Hal inilah yang wajib dipelajari oleh tiap calon nasabah sehingga mereka tahu betul seluk beluk resiko ketika mengikuti program ini. Biaya-biaya seringkali tidak diinformasikan secara detail sehingga nasabah tidak mengetahuinya sebelum biaya tersebut dibebankan kepada mereka.